• SMK BINAKARYA MANDIRI
  • Mendidik, Melatih dan Menyalurkan

4 Langkah Mudah Mengganti Oli Motor Sendiri di Rumah

Mengganti oli sebenarnya merupakan salah satu bentuk perawatan yang cukup mudah. Kita bahkan bisa mengganti oli motor di rumah. Namun, Beberapa orang lebih memilih ganti oli di bengkel karena alasan tak punya waktu dan dikerjakan oleh mekanik yang sudah terlatih.

Dibanding harus repot-repot mengunjungi bengkel resmi, jika kamu memiliki waktu luang, kamu bisa melakukan penggantian oli motor di rumah. Namun, ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan untuk mengganti oli motor di rumah.

Cara Mengganti Oli Motor di Rumah

Mengutip situs Federal Oil, selain menyiapkan oli baru, kamu juga harus menggunakan beberapa alat bantu untuk mengganti oli. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengganti oli motor di rumah.

1. Siapkan Peralatan dan Pilih Lokasi yang Nyaman

Sebelum memulai proses penggantian oli, tentunya kamu harus terlebih dahulu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Beberapa di antaranya yakni wadah penampung oli bekas atau bisa menggunakan panci/ember, kunci pas atau kunci ring, ring baut pengganti berbahan alumunium, dan lap.

Setelah peralatan siap, selanjutnya siapkan oli motor yang hendak digunakan. Merek yang umum digunakan adalah produk pabrikan yakni Yamalube untuk Yamaha dan AHM Oil untuk Honda.

Jika semua perlengkapan sudah siap, selanjutnya pilih tempat yang paling nyaman untuk mengganti motor. Pastikan tempat tersebut tidak menyulitkan proses penggantian oli, seperti permukaan yang tidak rata. Karena, posisi motor harus tetap stabil selama proses penggantian oli. Selain itu, pastikan juga, tempat kamu mengganti oli tidak mengganggu orang lain.

2. Jangan Ganti Oli Ketika Mesin Panas

Jangan sekali-kali kamu mengganti oli saat mesin dalam keadaan panas. Sebelum mengganti oli, kamu harus pastikan mesin motor sudah dalam keadaan dingin. Hal ini tentunya untuk menghindari kemungkinan kulit melepuh ketika tak sengaja menyentuh bagian mesin yang masih panas. Selain itu, mengganti oli motor dalam keadaan mesin panas juga dapat menyebabkan baut mesin memuai dan kamu akan kesulitan membukanya.

3. Kuras Oli Mesin 

Langkah berikutnya adalah membuka baut penutup lubang pembuangan oli. Namun, sebelum membukanya, letakan wadah yang sudah disiapkan sebelumnya di bawah lubang pembuangan oli.

Lubang pembuangan oli dapat dibuka dengan menggunakan kunci pas atau kunci ring. Setelah terbuka, kamu bisa membiarkan oli mengalir dengan sendirinya. Jangan semprotkan tekanan angin kompresor ke lubang pembuangan karena justru akan menyebabkan bagian dalam mesin kotor. Jika oli sudah benar-benar terkuras habis, langkah selanjutnya adalah kembali memasang baut penutup. Sebelum memasang kembali, pastikan terlebih dahulu baut penutup bersih dari kotoran.

Hal yang harus kamu ingat juga adalah jangan sampai lupa memasang ring alumunium yang berfungsi mencegah terjadinya kebocoran oli mesin. Kamu dapat memutar baut menggunakan tangan hingga dirasa sudah maksimal. Setelahnya baru lanjut menggunakan kunci dan putar hingga benar-benar kencang.

4. Tuang Oli Baru Sesuai Takaran yang Dianjurkan

Masuk ke tahap terakhir yakni menuangkan oli baru yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Sebelum itu, ada baiknya kamu pastikan kembali baut oli kencang. Kamu juga harus memperhatikan takaran yang dianjurkan. Sebab, setiap jenis motor kemungkinan berbeda. Kamu harus menuangkan oli sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Jika sudah selesai menuangkan oli, jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa oli yang mungkin tercecer di bodi atau bagian lainnya dengan menggunakan lap halus.



Kompetensi Keahlian : Teknik Sepeda Motor

 

Tulisan Lainnya
TRIK FOTO TERLIHAT TAJAM

Kualitas gambar telah membuktikan definisinya selama bertahun-tahun, dengan makna yang telah berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi kamera dan persepsi orang tentang gambar ya

31/10/2023 07:06 - Oleh TIM ICT BKM - Dilihat 712 kali
Keunggulan Windows 11 dengan Windows 10

Sistem operasi komputer Windows 11 dirilis pertama kali pada 5 Oktober 2021. Terkini, pada 20 September 2022, Microsoft melakukan pembaruan pertama secara besar-besaran terhad

31/10/2023 06:53 - Oleh TIM ICT BKM - Dilihat 5215 kali
SMK Binakarya Mandiri | SMK Pusat Keunggulan Kota Bekasi

SMK Binakarya Mandiri Bekasi menjadi salah satu sekolah SMK Pusat Keunggulan di Kecamatan Rawalumbu, pada kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi, ada beberapa SMK diantaranya :  SMKS B

03/05/2023 14:10 - Oleh TIM ICT BKM - Dilihat 2031 kali
Kisah Sukses Chairul Tanjung, Dulu Tinggal di Losmen Kecil Kini Jadi Miliarder

Kisah Sukses Chairul Tanjung, Dulu Tinggal di Losmen Kecil Kini Jadi Miliarder Mendengar nama Chairul Tanjung, banyak orang mengenalnya sebagai salah satu sosok penting di balik keraja

01/03/2023 08:19 - Oleh TIM ICT BKM - Dilihat 5157 kali
Kelas Industri Komatsu SMK Binakarya Mandiri

Sesuai dengan semboyan “SMK Bisa!”, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) digadang-gadang segera masuk ke dunia kerja. Salah satu program untuk menjamin mutu pendidikan si

23/11/2022 14:20 - Oleh TIM ICT BKM - Dilihat 1953 kali
Tentukan Masa Depanmu Sekarang di BKM

Bekasi - SMK Binakarya Mandiri merupakan salah satu sekolah terbesar di Kota Bekasi dan menjadi SMK Favorit di Kota Bekasi, bahkan SMK Binakarya Mandiri menjadi salah satu SMK Pusat Keu

25/06/2022 07:20 - Oleh TIM ICT BKM - Dilihat 1178 kali
KESUKSESAN BERAWAL DARI MIMPI

Banyak orang yang tentunya ingin sukses, setiap kesuksesan pasti diawali dari sebuah mimpi. Impian takkan terwujud tanpa adanya usaha, dan setiap usaha yang dilakukan akan membuahkan ha

18/01/2022 09:46 - Oleh TIM ICT BKM - Dilihat 10547 kali
PTS Online Berbasis Android Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 SMK Binakarya Mandiri

Dalam rangka menghadapi Penilaian Tengah Semester Genap tahun Ajaran 2020/2021. SMK Binakarya Mandiri telah siap menghadapi Penilaian Tengah Semester Genap yang kini di lakukan Berbasis

24/03/2021 06:57 - Oleh TIM ICT BKM - Dilihat 1838 kali