Info Sekolah

SMK Binakarya Mandiri hadiahkan beasiswa di beragam jenis ekstrakulikuler

SMK Binakarya Mandiri hadiahkan beasiswa di beragam jenis ekstrakulikuler

Muhammad Yasin | Rabu, 18 Juli 2018 - 10:47:37 WIB | dibaca: 258 pembaca

Kebebasan siswa dalam mengekspresikan minat serta keterampilan dari bakat yang sempat diasah di sekolah tingkatan sebelumnya membuat masing-masing sekolah menyuguhkan ragam jenis kegiatan yang berkelanjutan dalam pengupayaan potensi skil serta kemampuan dan keterampilan siswa di luar pendidikan sekolah. tak lain dan tak bukan adalah ekstrakulikuler yang menjadi wadah dalam menampung potensi-potensi siswa tersebut. ekstrakulikuler berlangsung tidak beriringan dengan kegiatan pembelajaran, hal tersebut untuk mencegah pecahnya konsentrasi siswa dari kebisingan siswa yang ikut ekskul tersebut, maka itu ekstrakulikuler memiliki jamnya tersendiri. biasanya para pelatih ekstrakulikuler memberi jatah waktu pada siswa binaanya di hari sabtu kadang ada pula di hari minggu,, sebab di kedua hari tersebut tidak ada kegiatan belajar mengajar dan karenanya siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler bisa dengan sangta leluasa melakukan aktifitas kegiatan tersebut.

Pak Royan selaku pembina ekstrakulikuler menuturkan jika ekstrakulikuler adalah aktivitas wajib sekolah, semua siswa diarahkan untuk mengambil salah satu dari banyaknya ekstrakulikuler tersebut.

 “merupakan aktivitas tambahan pelengkap bagi pelajaran yang wajib, Kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan peluang pada anak untuk melakukan berbagai macam kegiatan di hadapan orang lain untuk mempertunjukkan pada orang tua dan teman-temannya apa yang mereka sedang pelajari, juga bisa mengarahkan siswa dalam melakukan kegiatan positif". lugasnya. sayangnya tidak semua sekolah bisa menghadirkan banyak ekstrakulikuler, hal ini terkendala lahan yang terbatas serta sarana penunjang ekstrakulikuler, ini yang berimbas pada ketidakpuasan siswa lantaran gagal dalam keinginan untuk mengasah skil dan kemampuannya di bidang ekskul yang pernah iya ambil pada tingkatan pendidikan sebelumnya, ini yang disinyalir membuat siswa lebih liar dalam mengekprsikan dirinya di luar sekolah, serta memicu banyaknya tindakan-tindakan yang tidak sepatutnya dilakukan para pelajar. beda sekolah beda pula cerita, sementara banyak sekolah yang hanya menghidupkan beberapa ekstrakulikuler, SMK Binakarya Mandiri malah eksis memperbanyak ekstrakulikuler tersebut, meski sudah ada 23 ekstrakulikuler yang berlangsung di sekolah ini, pihak sekolah berencana menambah jumlahnya guna menghadirkan ragam jenis pilihan bagi siswa-siwa dalam mengasah keterempilannya diluar pendidikan sekolah, sekolah juga tidak membatasi berapa banyak ekstrakulikuler yang diambil para siswa asal jadwal pelaksanan kegiatan ekstrakulikuler tersebut tidak berbenturan. salah satu dari banyaknya ekstrakulikuler tersebut adalah PASKIBRA yang sudah banyak menyabet piala antar tingkat nasional dan propinsi, makanya tidak heran jika banyak siswa yang kepincut dengan ekstrakulikuler ini lantaran keeksisan dan beragam piala yang diboyongnya. ada pula PRAMUKA yang juga banyak menyabet piala dari beragam janis tingkatan. dalam pengembangan serta jalanya ekstrakulikuler, SMK Binakarya Mandiri tidak segan-segan dan main-main dalam kegiatan ekstrakulikulernya, hal ini di tunjukan dengan mengirim para siswa yang mengikuti ekskul ke beberapa ajang perlombaan, baik tingkat Nasional maupun Propinsi, ditambah lagi beasiswa bagi para juara yang berprestasi, tercatat sudah ada banyak siswa yang berhasil menikmati beasiswa. Lina Maryam siswi yang pernah mengenyam beasiswa dari kesuksesan dirinya dan beberapa rekan ekstrakulikuler dalam mengantarkan GEPALA sabet juara, dirinya menuturkan sangat senang dan bangga sebab bukan hanya sekedar piala yang iya bawa, beasiswa juga ikut diambilnya.

"seneng banget, nggak nyangka aja bisa sampe sejauh ini, pokoknya seneng dan bangga banget deh" ucapnya. menanggapi pemberian beasiswa dan banyaknya pilihan eksytakulikuler, sekolah mengarahkan jika hal tersebut dilakukan demi kualitas siswa dalam mengasah dan mengedepankan kemampuan para siswanya diluar kemampuan pendidikan sekolah.

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)