Info Sekolah

Kunjungan Industri SMK Binakarya Mandiri

SMK Binakarya Mandiri adakan kunjungan industri ke Astra Honda Motor

Muhammad Yasin | Senin, 24 September 2018 - 08:22:38 WIB | dibaca: 84 pembaca

Selain dikenal dengan negara yang memiliki keanekaragaman suku dan budaya, Indonesia juga ada diurutan ke-3 sebagai negara dengan banyaknya sepeda motor di Asia, tak heran jika jalan-jalan di Indonesia mengalami banyak penumpukan kendaraan bermotor. Disamping sebagai wadah untuk menampung beragam jenis kendaraan bermotor, rupa-rupanya itu juga jadi pemasukan pendapatan baik bagi negara maupun masyarakatnya. Sebagai poin untuk menikmati sekaligus ambil keberuntungan  atas perkemnangan teknologi tersebut, lahirlah banyak sekolah kejuruan yang menyasar pada Teknik Kendaraan Bermotor. dari kejuruan ini sekolah mengajak siswa untuk mampu mengatasi permasalahan dan kerusakan yag dialami kendaraan bermotor kemudian menjadi bekalnya sebagai peluang usaha, tentu peran kelengkapan alat-alat praktik dirasa sangat perlu, plus keikutsertaan perusahaan yang bergerak dibidang otomotif guna menunjang keberhasilan dalam kesuksesan pembelajaran. salah satu SMK yang berkesempatan meraup beragam jenis pengetahuan langsung dari sumbernya adalah SMK Binakarya Mandiri. sekolah yang terletak di samping SPBU Jl Jatimulya dengan total siswa capai ribuan beberapa hari yang lalu  menjadi tamu atas kunjungan industrinya ke pabrikan Astra Honda Motor (AHM), di sanah siswa diajarkan beragam jenis pengetahuan serta pengalaman langsung bagaimana merakit sepeda motor dengan beragam jenis teknologi industri.

100 siswa yang terpilih dari beberapa kelas di kejuruan teknik sepeda motor  bersama 5 guru pembina diajak AHM untuk mengetahui bagaimana proses perakitan sepeda motor yang hanya  memakan waktu tidak sampai 1 menit. Dimas salah satu siswa yang ikut dalam rombongan itu mengatakan takjub dan kagum dengan teknologi yang membuat perakitan sepeda motor sangat cepat.

"keren, ada robotnya gitu, cepet banget ngerakitnya, ini baru pertama kali saya liat yang kaya gini" tuturnya. selain ketakjuban, iya juga mengatakan sangat beruntung  dengan pengalaman berharga yang didapatnya  ini.

selanjutnya dari perakitan sepeda motor,AHM ajak tamunya untuk mengetahui sejarah sepeda motor Honda dari generasi ke generasi. banyak motor-motor klasik ikut dikupas habis, tidak luput pula sepeda motor yang sudah banyak menggunakan teknologi canggih di zaman ini.

Kepala Program kejuruan Teknik Sepeda Motor Pak Salipin katakan jika kunjunganyan ke Pt Honda adalah bagian dari program sekolah, iya juga mengungkapkan kunjungan industri bukan hanya semata-mata ajak para siswa mengetahui pabrikan raksasa tersebut, melainkan untuk mengambil pengetahuan sebanyak-banyakknya dan mempelajari hal apa saja yang sudah didapat di sekolah untuk kemudian dituangkan di perusahaan tersebut sebagai pembenaran atas pelajaran yang didapat di sekolah sama dengan yang nantinya mereka kerjakan di perusahaan yang bergerak dibidang Otomotif.

"kunjungan industri ini adalah bagian dari program sekolah, di samping itu, kunjungan industri ini juga untuk membuktikan pada siswa jika apa yang diajarai di sekolahnya nantinya mereka akan terapkan di perusahaan otomotif, walau memang di sini sudah banyak menggunakan teknologi untuk mempercepat proses perakitan sepeda motor" tuturnya.

sebagai SMK dengan akreditasi A di semua kejuruannya. sekolah berbasis Industri ini turut pula dilengkapi dengan alat-alat penunjang praktiknya, dikejuruan Otomotif ada hampir puluhan kendaraan baik yang roda empat maupun roda dua, ditambah alat-alat bantu serta teknologi ikut pula disamakan dengan perkembangan otomotif yang tidak ada habis-habisnya , ini menjelaskan jika SMK Binakarya Mandiri  tidak main-main dalam mendidik para siswanya.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)